Tag Archive TAFHAM

ByYudhy Herlambang

Testimoni TAFHAM Angkatan Pertama

Masih ragu belajar Bahasa Arab? Takut sulit? Terkendala waktu? Usia?

Alumnus Pertama TAFHAM terdiri dari berbagai rentang usia, profesi maupun wilayah di Indonesia bahkan di mancanegara.

Simak Testimoni sebagian mereka dalam menyelesaikan tahap pertama belajar Bahasa Arab di TAFHAM agar keraguan antum/antunna terkikis:

Dari Ikhwan,

Alhamdulillah wa syukurillah
Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa alihi washahbihi ajma-‘in.

Keberkahan semoga senantiasa dilimpahkan kepada Ust Taufik Hamim sekeluarga yang tiada hentinya membagi ilmunya agar saudara”nya semakin faham akan Al Quran melalui program TAFHAM ini.

Beliau dan timnya bahu membahu berusaha agar santrinya tetap semangat dan sukses.

Saya yakin bahwa Tim TAFHAM yang dikomandani oleh Ust Taufik Hamim telah berusaha maksimal, belum semua santrinya tangguh dan banyak yang berguguran di perjalanan.

Kami yang masih bertahan dan masih terus ingin belajar ini, amat sangat bersyukur dan semoga tetap istiqamah walaupun terseok-seok. Tapi, alhamdulillah, banyak sekali ilmu yang telah kita dapatkan terutama dalam memperhatikan setiap kalimat yang tertulis tanpa harakat tsb, merupakan sesuatu yang belum pernah kami pelajari sebelumnya.

Sekali lagi, jazakumullahu khairan katsiran wabil khusus Yaa Ust Taufik Hamim dan tentunya Tim TAFHAM yang membantu berlangsungnya program TAFHAM ini.

(Mas Adi, 53 th, Karyawan, USA, Kelas 1C)

 

Alhmadulillah bersukur bisa ikut Tafham, dan sangat bersyukur bisa menyelsaikan mustawa awal

Ana sangat berterimakasih, jazakumullah khairon katsiro kpd Ust Taufik, Ust Yudi, Ust Ariel dan Ust2 Pembimbing yg telah Sabar dalam membimbing kami

Di Tafham kami berbahagia kr belajar bahasa Surga, berbahagia dengan metode yg mudah dan tdk memberatkan. Dan berbahagia ketika bisa menyelsaikn tugas

Semoga kami terus istiqomah belajar dan mempraktikan bahasa Arab hingga lancar.

Jazakumullah khairon

(Subhi, 34 th, Guru, Paser Kalimantan Timur, Kelas 1A)

Dari Akhwat,

Belajar di Tafham mampu merefresh kembali kosakata bahasa Arab yg sudah belasan tahun saya tinggalkan.

Metode terbimbing online di tafham dengan suplemen e-modul dan audio dari Ustadz Taufik membuat kami mudah memahami pelajaran pd modul dan melafadzkan bahasa Arab sebagaimana yg dicontohkan pada audio.

Sistem deadline sughro dan kubro sangat memotivasi untuk bisa merampungkan semua tugas sesegera mungkin. Deadline sughro yg di tempatkan di akhir Minggu sangat tepat dan cukup efektif.

Feedback dan umpan balik dari Ustadzah Marwiyah sebagai musyrifah juga sangat memotivasi. Ustadzah sangat baik dan fleksibel dalam memberikan penilaian.

Konsep setor berpasangan juga membuat interaksi antar peserta (yg pd pembelajaran online biasanya saling pasif) menjadi saling aktif dan bisa saling mengenal.

Tips Tafham dengarkan kemudian tirukan, sangat manjur untuk membuat mampu berdialog dg baik.

Modul juga terususun dengan simpel namun sarat muatan, mudah dipelajari dan membuat penasaran ingin belajar lebih banyak☺

Tafham is the best 😍👍🏼

(Neni Mariana, 35 th, Dosen, Australia, Kelas 1B)

 

Assalaamu’alaikum w.w. Saya belajar di TAFHAM karena mendapat informasi dari Mbak Neni Mariana (peserta TAFHAM juga) di grup institusi kami.

Sejak lama saya ingin belajar bahasa Arab karena sejak kecil saya hanya belajar membaca Al-Quran tanpa tahu maknanya. Namun untuk belajar di madrasah atau privat tampaknya sulit bagi saya karena terbentur jadwal kerja yang sangat padat dan sering ada tugas mendadak ke luar kota atau tugas yg lain.

Pada awalnya saya mencoba mengikuti program TAFHAM dengan masih ada keraguan bisakah saya intens mengikuti program ini. Dengan berjalannya waktu, saya mencoba mengikuti pelajaran satu demi satu.

Ternyata sistem yg dirancang pada program TAFHAM menghapuskan keraguan saya, karena ternyata program online TAFHAM dapat saya ikuti dengan baik dalam kondisi saya yang sangat terbatas, yakni sebagai pebelajar pemula dari 0, terbatasnya waktu akibat kesibukan kerja, dam usia saya yang jelita (jelang lima puluh tahun).

Tidak sekadar sistemnya, pelajaran dan pembahasan serta tanya jawab online dengan Ustadz Taufik Hamim disampaikan secara runtut dan jelas, pembimbingan dan pendampingan oleh Musrifah Marwiyah yang sangat baik dan cermat, serta panduan ustadz sebagai admin menjadikan.pembelajaran program TAFHAM ini seperti tidak berjarak.

Saya lalu bertekad kuat untuk belajar dan mengirimkan setoran hafalan sebelum deadline. Saya bersemangat belajar sesuai waktu luang saya karena saya tidak ingin di-DO agar saya dapat terus berkesempatan belajar di TAFHAM dan alhamdulillah…pada akhirnya saya bisa lulus sampai pada akhir pelajaran pada tingkatan pertama. Harapan saya semoga bisa berlanjut ke tingkat selanjutnya.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin belajar bahasa Arab dg keterbatasan waktu yang dimiliki, mengkuti program TAFHAM merupakan solusinya. Terima kasih ustadz dan ustadzah. Jazakumullah ahsanal jaza”.
Wassalaamu’alaikum w.w.

(Wahyu Sukartiningsih, PNS, Kelas 1B)

 

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh,
Alhamdulillah hirobbil ‘alamin, mungkin itu yg ga habis sy ucap, bersyukur karena Allah dengan rahmat-Nya memberikan sy dan keluarga rejeki, bisa gabung di Tafham. Karena semua ini atas ijin Allah Subhanahu Wa Ta’ala, jd yg ngerasain manfaatnya bukan cuma sy dan temen2 yg gabung, tp anak2 sy (calon peghuni syurga) dan abbi mereka.

Dr mulai excitmentnya, ups and down nya belajar bareng2, dan yg pasti banyak ketemu temen2 yg bikin nambah lg semangatnya (suka dibandingin nilainya sama yg lain oleh si kakak cantik, anak pertama sy, katanya umminya harus lebih semangat hafalinnya krna yg lain nilainya lebih banyak, 😭, gimana ga mewek hayati sodara2).

Mungkin hasil yg sy berikan jauh dr kata baik, karenanya semoga bisa menambah ilmu lg jadi lebih baik, dan baik lg. Dan ikhlas dengan semua proses yg dilalui selama belajar di Tafham ini juga waktu yg dluangkan, karena semuanya layak.

Semoga bisa bergabung lg dg forum ini dan belajar lebih banyak lg, juga bisa dturunkan ilmunya ke anak2 dan keturunan sy.

Jazakumullah kepada ustadz dan ustadzah yg udah berbagi ilmunya, semoga bermanfaat. Juga buat temen2 dgrup tafham akhwat 1A, musyrifahnya, ketua kelasnya, jazakumullah atas pengorbanan kalian buat kami, dan teman2 yg lain yg selau kasi semangat dan doa menuju kebaikan. Jazakumullah khoiron.

Hope for the best, semoga Allah tetap memberikan kita rejeki ini.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
(Fera M, 32 th, Jakarta Selatan, Ibu Rumah Tangga, Kelas 1A)

 

Daftar Lulusan pertama TAFHAM dan Nilainya bisa dilihat di sini: http://tafham.com/rekap-nilai/

 

 

ByYudhy Herlambang

Testimoni Dua Pekan TAFHAM

Sebanyak 45 peserta tersisih di Dua Pekan Pertama TAFHAM. Karenanya kami ADMIN membagikan survey kepada peserta yang mampu bertahan mengenai pengalamannya belajar di TAFHAM selama dua pekan pertama. Ada 3 pertanyaan yang kami ajukan:

  1. Bagaimana sih rasanya belajar di TAFHAM?
  2. Perbedaan apa yang antum rasakan sebelum dan sesudah belajar TAFHAM?
  3. Apakah antum akan merekomendasikan TAFHAM ke orang lain? Mengapa?

Berikut tanggapan sebagian dari mereka …

Dari Kelas 1A Ikhwan

الحمدلله
Segala puji Buat Allah Rab Semesta Alam
Bagi saya pengalaman belajar bahasa Arab di TAFHAM *Luar biasa* karena kita semakin semangat dalam belajar bhs Arab

Dengan bimbingan Ust Taufik dan Ust admin yg nyaman serta penjelasan2 Bliau mudah difahami dan dimengerti

Mungkin kr *semangat* Tim TAFHAM untk mengajarkn Bahasa Arab tanpa mengharap pamrih yg menjadikan kita semangat belajar dan menjadikan kita *malu* apabila tdk bersungguh2 dalam program ini.

Tentunya kami akan selalu menceritakan pengalaman istimewa disini agar semangat berbahasa Arab dirasakan rekan2 kami.
إن شاء الله

Semoga Ust Taufik dan Tim TAFHAM senatiasa dicintai Allah dan dimudahkan segala urusannya. Dan apa sudh dilakukan menjadi Amal Yg terus mengalir

جزا كم الله

Subhi

Dari Kelas 1B Ikhwan

Alhamdulillah, belajar dengan cara seperti ini hal yang baru buat saya, kekinian lah☺..metode nya menarik sambil memaksimàlkan semua aplikasi di hp jadi tidak membosankan,

Dengan mengulang semakin menjadi lebih faham, butuh komitmen untuk meluangkan waktu dan niat belajar

InsyaAlloh saya rekomendasikan, terutama ke orang yg memang tertarik dengan belajar bahasa arab….terimakasih ust Yudhy dan ust Taufik Hamim

Suseno

Masih dari 1B

Bismillahirohmanirohim…
Alhamdulillah saya dapat ikut belajar di TAFHAM dan sangatlah senang sekali saya mndapatkan kesempatan untuk belajar bahasa arab. Karena sebelumnya saya adalah orang yg sangat awam sekali dlam bahasa arab, dan Alhamdulillah setelah saya dpat mngikuti pelajaran di TAFHAM saya sdikitnya dpat memahami dan mudah2an semakin bnyak lagi yg dpat saya pahami dlam bahasa arab. Dan InsyaAllah saya akan merekomondasikan pada yg lainnya untuk belajar di TAFHAM karena bahasa arab adalah bahasanya Alqur’an. Syukran

Aep S

Dari Kelas 1C Ikhwan

1. Menyenangkan. Dapat direview kapan saja.

2. Ada optimisme yang menyala.

3. In syaa Allah.

Adi

~

1. Ini kelas serius yg ingin cepat menguasai bahasa arab percapakan krn Ustadz Taufik, Musyrif dan admin bersungguh dalam menurunkan ilmunya.

2. Metode dan modul pelajaran membuat kita cepat mengetahui dan menguasai Kosa kota baru

3. In Sya’a Allah akan merekomendasikan krn Bahasa Arab jenjang mempelajari Quran lebih baik,

Dzulkarnaen

Kelas 1D Ikhwan tak ketinggalan

1. Alhamdulillah mudah, menyenangkan, ada tantangannya….harus berani mengajak dialog
2. Jadi wasilah nambah teman, nambah motivasi…
3. Ya, dan sudah. Karena mudah

Eko IStihori

Akhwat ceritanya lebih berwarna, mari kita simak.

Pertama dari Kelas 1A Akhwat

1.Bagaimana sih rasanya belajar di TAFHAM?

Sebelum saya jawab, saya ingin jelaskan bahwa sebelum ikut program bahasa arab online ini, saya mendapat kiriman dari teman saya yg satu halaqah. Bismillah tanpa berfikir lama akhirnya saya coba untuk bergabung. Gimana rasanya belajar di TAFHAM, senang pastinya, alhamdulillah, begitu bnyak manfaat yg saya dapatkan melalui program ini. Bisa berkenalan dgn teman” baru di sini, menambah teman.

2. Perbedaan apa yang anti rasakan sebelum dan sesudah belajar di TAFHAM?

Sebelum ikut TAFHAM, pengetahuan saya ttg bahasa arab sangat minim, belum teraplikasi dgn baik. Namun setelah ikut TAFHAM ilmu saya bertambah, sebenarnya dari awal saya merasa takut tak bisa, tapi saya yakinkan diri saya, pasti bisa, mencoba mengulang” dan menghafal kosa kata, sehingga dapat menghafal menjadi satu kalimat dgn bahasa arab yg benar.

3. Apakah anti akan merekomendasikan ke orang lain? Mengapa?

Iya, saya akan coba rekomendasikan ke oranglain, karna program ini sangat bermanfaat baik untuk diri sendiri agar bisa berkomunikasi khususnya dgn penduduk asli orang arab, shingga kita bisa mengenal budaya mereka, menambah nilai ketaatan kita kepada Allah SWT, melalui bahasa arab ini kebingungan dan kurang nya ilmu khususnya untuk guru” yg belajar di sekolah madrasah dapat membantu menjadikan bekal untuk mengajar dan mendidik murid” nya agar mahir belajar bahasa arab.

Syukron

Susilastri

Masih dari 1A Akhwat

1. Bagaimana sih rasanya belajar di TAFHAM?
Rasanya Nano-Nano, rame 😁. Karena buat sy diawal2 sempet ragu, apa sy bisa mengikuti pelajaran/kelas dg baik. Seumur hidup baru kli ini belajar bahasa arab formal, makanya rada malu mau ikutan belajar dikelas yg offline. Alhamdulillah ada kelas online dan gratis pula (semoga Allah meberkahi semua fasilitator tafham ini), yg tadinya berniat coba2 setelah dijalanin, malah semakin antusias belajar, seperti ada semangat dan dorongan berusaha lebih baik, meski tetap gugp dan canggung banget tiap setoran tugas ke musyrifah atau latihan dialog, padahal ga tatapan langsung. Tiap pekan selalu nunggu kamis dtg wat dengerin materi baru, kaya anak kecil yg nunggu paket mainan yg dibeliin online sama orangtuanya 😁, bisa gt y.

2. Perbedaan apa yg anti rasakan sebelum dan sesudah belajar TAFHAM?
Alhamdulillah, sy jelas merasakan perbedaannya, dan bukan hanya sy aja tnyata yg belajar, alhamdulillah selama mendengarkan pelajaran, anak2 selalu sy ikut sertakan (mereka selalu antusias untuk sesuatu yg baru buat mereka), mereka lebih semangat kadang, minta diulang2 terus rekaman audionya dan mereka dengerin sendiri pake earphone. Jd ga hanya sy yg nambah ilmunya, tp jg anak2. Semoga bisa menularkan ke masyarakat disekitar.

3. Apakah anti akan merekomendasikan ke orang lain?
PASTI!! Dan sudah mulai proses promosi 😊

Syukron atas kesempatan testinya, semoga bisa menyemangati yg lain, utamanya diri sy sendiri. Mohon maaf atas kekhilafan yg ada, kebenaran hanya dr Allah.

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Fazah

Dari 1B Akhwat

Belajar Bahasa Arab di TAFHAM sy rasakan seperti belajar di kelas dengan suasana yg santai namun tetap serius. Sampai saat ini saya merasakan bahwa percakapan bahasa Arab yg saya anggap sulit bahkan tidak mungkin saya kuasai, mengingat usia saya yg sudah hampir 50 tahun, ternyata bisa saya pelajari dengan mudah, tentunya dengan bimbingan dan audio pelajaran dari ustadz dan ustadzah. Tentang penilaian yg dilakukan dan batasan waktu yg ketat menjadi pemicu saya untuk segera menghafal dan menyetor hafalan dialog. Saat ini, dalam lingkup keluarga dan teman dekat sudah saya informasikan program TAFHAM ini. Semoga ke depan Allah swt senantiasa memberikan kekuatan menghafal dan kemudahan memahami dialog2 materi TAFHAM ini dan merupakan awal mula saya bisa belajar bahasa Al-Quran. Aamiin …

Wahyu

Dan akhirnya dari Kelas 1C Akhwat

1. Belajar di TAFHAM itu sangat bermanfaat bagi saya, dan sangat menguntungkan, karna saya bisa belajar bahasa Arab dengan media online.

2. Sebelumnya saya hanya mendengar Kaka saya suka bicara bahasa Arab karna dia sudah belajar lebih awal jadi saya termotivasi untuk belajar bahasa Arab juga.
Sesudahnya saya bisa mengerti bahasa Arab dari tehnik dasar Kosa Kata, dan saya jadi suka berbicara dengan bahasa Arab walaupun baru sedikit-sedikit. Namanya juga masih proses belajar, kita bisa karna terbiasa, bukan begitu?

3. Iyaa, saya sudah merekomendasikan TAFHAM kepada orang terdekat saya,
Mengapa? Karna saya pikir jika mereka ingin belajar berbahasa Arab mereka bisa ikut belajar di program TAFHAM angkatan ke-dua, dan bisa paham dengan bahasan yang di ajarkan.

Menurut saya seperti itu.

Intan

Ditutup oleh Ketua Kelas 1C

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
belajar di tafham itu sebuah pengalaman yang bermanfaat. lengkap dengan modul dan penjelasan langsung dari ustadznya membuat kualitas pembelajaran yang baik dan terarah. Apalagi dengan adanya praktek dan koreksi langsung dari ustadz, yang dimana praktek adalah poin utama dalam pembelajaran bahasa. daaan, tanpa ada biaya, hanya kuota 😂 ( jazakallah khairan katsiron ustadz atas kebaikannya).

MasyaAllah, bersyukur bisa menjadi bagian di dalamnya. keahlian berbahasa pun terasa nyata meningkatnya, dari yang biasanya hanya sebatas la, naam, dan ungkapan umum lainnya, sekarang paling engga bisa tanya asalnya dari mana. dan lagi, kalau ana pribadi, karena tidak mencetak modul, ana tulis ulang dialognya di kertas, jadi melatih menulis arab juga 😀.

Nah tentulah ada keingingan merekomendasikan tafham ke orang lain, tapi mungkin karena teman banyak yang sudah mahir ana akan rekomendasikan ke adik nanti untuk angkatan atau program selanjutnya 😂👌 mantap pokoknya untuk tafham dan staff. sukses selalu!

Fathia

Demikian beberapa testimoni para peserta setelah dua pekan merasakan pola pembelajaran di TAFHAM. Apakah antum salah satu yang tertarik bergabung angkatan kedua?

Jika iya, klik di sini: http://tafham.com/pendaftaran

Jika belum, bagikan ke teman yang mungkin ingin 😀

ByYudhy Herlambang

DIARY TAFHAM 1

tafham.com – Alhamdulillah TAFHAM telah mencapai pekan keduanya.

Berawal dari ide spontan – ba’da Belajar Rutin Pekanan bersama Ustadz Taufik Hamim Effendi, Lc ,MA – TAFHAM lahir.

Berusaha memberikan alternatif pilihan belajar Dialog Bahasa Arab Dasar secara Online, tak terbatas ruang dan waktu.

Seharusnya ia mudah dijalani, karena materi hanya diberikan sekali sepekan. Tugas pun sederhana, mengandalkan rekaman audio tanpa tuntutan harus mampu menulis dalam Bahasa Arab.

Peserta bisa mendengarkan materi, dan mengerjakan tugas dari manapun mereka berada. Di rumah sambil rebahan, atau di sela tugas kantor, sekolah ataupun kuliah.

Namun sunnatullah dalam setiap proses pembelajaran – terutama pembelajaran Bahasa Arab – tetap berlaku untuk TAFHAM.

Dari ke hari peserta mulai terseleksi, mana yang hanya coba-coba dan mana yang berazam tinggi.

Man jadda wajada. Kata-kata ringkas yang menggambarkan semuanya.

•••

Banyak orang bertanya, dari mana seharusnya kita mulai belajar Bahasa Arab?

Apakah dimulai dari Qowaid (Nahwu/Sharaf), Percakapan (Muhadatsah) ataukah dari menghafal kosakata?

Jawabnya sesungguhnya mudah, dari mana saja baik asal dimulai dari sekarang.

Karena metode mempelajari Bahasa Arab ini sudah demikian banyak tersedia di masyarakat. Dan seluruhnya disusun oleh asatidz yang mumpuni di Bidang Bahasa Arab dan pengajaran.

Munculnya metode yang berbeda karena setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Biasanya seorang Ustadz akan menyusun metode pembelajaran yang sesuai dengan pengalamannya sendiri ketika belajar dan terbukti mengantarkan nya pada pemahaman.

Sehingga permasalahannya bukanlah mana yang terbaik, namun mana yang lebih cocok dengan diri antum.

Setelah itu cinta dan prioritas yang bicara.

Banyak yang mengaku sibuk untuk tidak belajar Bahasa Arab, yang online sekalipun.

Ini pernyataan yang ke-pede-an sesungguhnya 🙂 Seolah mereka yang sekarang sedang belajar dan mengajar bahasa Arab itu kumpulan pengangguran yang santai – santai tanpa kesibukan.

Mereka itu juga sibuk, bahkan mungkin jauh lebih sibuk.

Namun ada cinta dan prioritas.

Cinta yang membuat mereka bertahan. Prioritas yang membuat waktu mereka berlimpah keberkahan.

Karenanya, kalau antum belum cinta, tidak apa. Cinta memang tak bisa dipaksakan.

Kalau antum belum bisa memprioritaskan, pun tak mengapa. Karena hidup adalah pilihan.

Hanya coba renungkan satu hal saja.

Layakkah kita mengabaikan Bahasa yang dipilih Allah untuk berbicara kepada kita?

Wallahul musta’an

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com